Sabtu, 19 Oktober 2013

Tutorial pernyataan Swicth Case dan Fungsi Library pada C++



        Aplikasi yang saya buat adalah perhitungan Volume Limas Segitiga dan Volume Bola yang mana dalam program ini menggunakan Switch Case yang di tambah dengan Fungsi Library math.h yang mana dalam penulisan fungsinya tidak dalam main.



====>Berikut Adalah Listing programnya<====
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <math.h>

#define dua 2
#define tiga 3
#define empat 4

void volum_limas(float alas, float tinggi, float tlimas);
void volume_bola(float r);
float hasil;
int main(void)
{

int pilihan;
float alas,tinggi,tlimas, r;
m:
printf("\n ************************\n\n 1. Volume Limas Segitiga \n 2. Volume Bola \n\n 0 untuk keluar \n\n************************\n\n masukkan pilihan: ");
scanf_s("%d",&pilihan);
switch(pilihan)
{
case 1:
printf("\n Volume Limas Segitiga \n");
printf("\n Masukkan Alas: ");
scanf_s("%f",&alas);
printf("\n Masukkan Tinggi: ");
scanf_s("%f",&tinggi);
printf(" \n Masukkan Tinggi Limas: ");
scanf_s("%f",&tlimas);
volum_limas(alas,tinggi,tlimas);
goto m;
break;

case 2:
printf("\nVolume Bola \n ");
printf("\n Masukkan Jari: ");
scanf_s("%f",&r);
volume_bola(r);
goto m;

case 0:
system("exit");
printf("\n Karena Anda Memilih 0, Program Selesai dan \n Terima Kasih..\n\n");
break;
default:

printf("Anda tidak memasukan angka 1 atau 2 \n");

break;
}
system("PAUSE");
return (0);

}

void volum_limas(float alas, float tinggi, float tlimas){
hasil=(alas*tinggi/dua*tlimas)/tiga;
printf("\n Hasilnya Adalah: %.1f \n\n" , hasil);

}

void volume_bola(float r){
hasil=((r*r*r) *3.14*empat)/tiga;
printf("\n Hasilnya Adalah: %.1f \n \n",hasil);
}

dan Berikut adalah hasil ketika program di jalankan pada pilihan Volume Limas Segitiga.


dan Berikut adalah hasil ketika program di jalankan pada pilihan Volume Bola:




====>berikut Flowchart diagram tentang alur program diatas<====




Berikut Video Tutorial Dalam Pembuatan Program diatas:


semoga bermanfaat............!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar