Minggu, 30 Maret 2014

Kegiatan Keseluruhan Dalam Perhari IT Kreatif Cimahi

Kegiatan Harian
nah untuk kegiatan harian ini mungkin dalam bentuk formalnya kerana ini sebagai laporan harian kami selaku team pendamping. 


Hari I (Senin, 10 Maret 2014)
Instruktur tiba di SMAN 2 Cimahi Jam 08.00, disambut oleh salah satu guru TIK dan langsung diajak ke ruangan Lab di Lantai 2.
Sambil menunggu peserta yang datang mengikuti pelatihan. Tidak lama kami menunggu beberapa orang dari Pemkot Cimahi datang bersama Bapak Fazar dari Seamolec.
Acara diawali dengan Pembukaan yang dilakukan oleh Ibu Rini selaku Pejabat yang mewakili dari Pemerintah Dinas Kota Cimahi memberikan sambutan acara.
Dalam sambutannya, Ibu Rini memberikan beberapa motivasi kepada para peserta yang mengikuti training agar bersungguh sungguh mengikuti training yang diadakan, karena training ini bertujuan sebagai pembekalan para siswa dalam menghadapi lomba memperingati hari ulang tahun Kota Cimahi.
Dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa ada 3 mata lomba yang diadakan yaitu bidang animasi, android, dan App inventor.
Penentuan juara pada setiap bidang dari Juara 1 s.d 3. Dan akan diberikan penghargaan atau hadiah dari Pemerintah Kota Cimahi. Sedangkan yang Juara 1 masing-masing bidang akan di Ajak untuk Studi ke Luar Negeri.
Mendengar hal tersebut, peserta sangat senang dalam mengikuti pelatihan.
Sambutan oleh Ibu Rini berlangsung sampai dengan jam 10.00. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Fazar, memberikan arahan tentang pelaksanaan training dan prosedur pelaksanaan pelatihan serta pendampingan yang akan diikuti oleh siswa siswi setelah selesai melaksanakan pelatihan.
Acara selanjutnya, Instruktur memberikan arahan kepada para peserta tentang bidang-bidang yang diikuti sesuai dengan basic dan peminatan yang ada pada siswa-siswi.
Selanjutnya kelas dibagi sesuai dengan bidang, yaitu Animasi, App inventor dan Android.
Untuk kelas App Inventor, Acara pada hari pertama dimulai dari pengenalan App Inventor, diawali dengan presentasi, instruktur menjelaskan tentang App Inventor, Kelebihan dan kemudahan menggunakan app inventor.
Berikutnya dilanjutkan dengan installasi tools/program untuk menjalankan app inventor baik online maupun offline.
Dilanjutkan dengan kegiatan:
-          membuat aplikasi dan user interface sederhana Hello World
-          penggunaan text to speech dan media lainnya
-          Pindah screen dan animasinya
Sebagai penutup dari kegiatan hari pertama, instruktur memberikan tugas kepada peserta membuat “aplikasi data diri” dengan menggunakan gabungan dari interface yang ada. Tujuannya adalah melatih penggunaan interface yang ada pada App Inventor.
Beberapa kendala yang dihadapi selama pelatihan adalah:
1.    Beberapa peserta tidak membawa laptop, alterntifnya menggunakan komputer laborattorium. Namun, beberapa dari komputer lab tidak bisa untuk menjalankan app inventor pada membuat block dan running di emulator.
2.    Kesulitan dalam akses internet (app inventor online).
Sejauh ini yang dapat kami lihat dari potensi peserta, siswa SMA rata-rata lebih cepat memahami apa yang diajarkan dibandingkan dengan siswa SMP,  hal ini dikarenakan tingkat keseriusan dari peserta. 

Hari II (Selasa, 11 Maret 2014)
Acara dimulai jam 08.00, diawali dengan presentasi aplikasi yang sudah dibuat yang dikerjakan oleh siswa. Dari 19 orang yang ada, beberapa diantaranya mempresentasikan aplikasi yang sudah dibuat.
Presentasi berlangsung sampai dengan jam 12 siang, beberapa aplikasi yang dibuat adalah sebagai berikut:
-          Penggunaan sensor Accelerometer dalam aplikasi
-          Penggunaan kanvas dalam aplikasi
-          Integrasi penggunaan tools pada aplikasi.

Kegiatan berikutnya adalah peserta diarahkan untuk membuat alur program aplikasi yang akan dibuat, dalam hal ini kami mengarahkan siswa siswi untuk membuat aplikasi dengan tema bahasa.

Hari III (Kamis, 13 Maret 2014)
Acara dimulai jam 08.00,
Kegiatan hari ke tiga adalah mengecek kembali aplikasi yang dibuat oleh siswa siswa sesuai dengan alur program yang sudah dibuat sebelumnya.
Berikutnya instruktur memberikan presentasi tentang bagaimana mendesain aplikasi yang baik, serta syarat-syarat aplikasi yang baik itu seperti apa, dari mulai tampilan (interface), besar file yang digunakan, serta kemudahannya bagi pengguna.
Berikutnya, melanjutkan kembali aplikasi yang dibuat...
Sebagai penutup dari kegiatan pada hari ke tiga, instruktur memberikan tugas kepada siswa siswi untuk mengupload Judul Aplikasi yang dibuat, ScreenShoot (Gambar) serta menuliskan deskripsi dari aplikasi tersebut.
Berikut Judul-judul dari aplikasinya:

Nama Siswa
Asal Sekolah
Judul Aplikasi
Helmy Setyanto
SMAN 2 Cimahi
Kamus sehari-hari indo-arab-rusia bagi pelancong
Nurul Muhammad Prakoso
SMAN 2 Cimahi
Kamus Anak Indonesia-Jerman
Yugo Artonanda
SMAN 2 Cimahi
Kamus Mini Indo-Eng-Jerman untuk sehari-hari
Ardho Binuri Adnan
SMAN 2 Cimahi
Kamus Mini Indo-Jawa-Jerman sehari-hari
Zabar Ainuha Nazini
SMAN 2 Cimahi
T-Isi Terjemahan Indonesia Spanyol-Itali
M. Ilham Nurhafiz H.
MTs Asih Putera
Tebak Gambar 3 Bahasa
Billal Ganjaraharja
MTs Asih Putera
Kamus dan Game menebak Bahasa (Indonesia-Jepang-Jerman-Inggris)
Angel Moncelline
SMP St. Michael
Get New Thing (Object)
Yoas K.H
SMP St. Michael
Greeting Sentences and Noun 3 (Indonesia, English, Japanese)

Hari IV (Jumat, 14 Maret 2014)
Kegiatan hari ini adalah melengkapi aplikasi mulai dari tampilan, program-program yang masih error dan lain-lain.
Instruktur mengarahkan peserta untuk mencari tutorial-tutorial app inventor baik dari web, forum atau pun youtube dalam memperkaya penguasaan tentang app inventor. Sharing pengetahuan atau hal-hal baru yang dimiliki oleh siswa kepada siswa yang lain dalam bidang app inventor.
Mengarahkan kembali siswa-siwi untuk melengkapi aplikasi yang dibuat. Kegiatan berlangsung sampai dengan jam 15.00.
Beberapa orang siswa kami tunjuk untuk mempresentasikan aplikasi yang telah dibuat kepada direktur Seamolec Bapak Gatot HP, karena kebetulan pada hari ini beliau datang langsung untuk melihat suasana pelatihan di SMAN 2 Cimahi.
Suasana presentasi sangat ramai sekali, karena yang datang melihat juga dari pejabat pemerintah Dinas Kota Cimahi dan salah satu rektor universitas seni yang ada di Bandung.

Hari VI (Sabtu, 15 Maret 2014)
Kegiatan pada hari ini adalah presentasi produk aplikasi app inventor. Siswa yang belum presentasi pada hari sebelumnya mereka mempresentasikan pada hari ini.

Kami arahkan juga siswa-siswi untuk mengkompilasi portofolio masing-masing dari setiap aplikasi yang sudah dibuat. Mulai dari .apk, .aia dan deskripsi dari aplikasinya.


terima kasih salam Supel,,, :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar